Pendahuluan

Kebutuhan bahan pangan dan energi semakin meningkat sejalan dengan perkembangan jumlah penduduk di dunia. Selain itu, aktivitas manusia seringkali membawa dampak terhadap pencemaran dan penurunan kualitas lingkungan. Dalam beberapa tahun ke depan permasalahan pangan dan energi menjadi sangat penting karena tidak adanya keseimbangan antara penyediaan dan kebutuhan. Kerusakan lingkungan yang selama ini terjadi akan semakin mempersulit pemecahan permasalahan tersebut. Oleh karena itu perlu diambil langkah antisipatif terkait dengan permasalahan tersebut.

Agroteknologi merupakan salah satu Program Studi yang mampu menjawab permasalahan tersebut. Program Studi Agroteknologi menyiapkan sumber daya manusia yang mempunyai kompetensi dalam mengoptimalkan pertumbuhan untuk meningkatkan produksi tanaman. Terkait dengan Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta sebagai “Energy University” maka mahasiswa dibekali dengan kemampuan dalam melakukan riset dalam pengembangan energi terbarukan (biofuel).  Selain itu, mahasiswa juga dibekali dengan kemampuan dalam penanganan pencemaran dan kerusakan lingkungan dengan menggunakan beberapa jenis tanaman dan mikroorganisme yang ramah lingkungan.

Program Studi Agroteknologi merupakan hasil restrukturisasi/ gabungan Program Studi Agronomi dan Program Studi Ilmu Tanah berdasarkan SK Dirjen Dikti No: 163/Dikti/KEP/2007, tanggal 29 November 2007 tentang Penataan dan Kodifikasi Program Studi Pada Perguruan Tinggi.  Program Studi Agronomi terakreditasi B (Skep BAN – PT No: 016/BAN –PT/Ak-XI/S1/VIII/2008) sedangkan Program Studi Ilmu Tanah terakreditasi A (Skep BAN – PT No: 016/BAN–PT/Ak-XI/S1/VIII/2008), Program Studi Agroteknologi B dengan skep BAN-PT nomor: 024/SK/BAN-PT/Ak-XV/S/I/2013