Our Blog

Mahasiswa baru Program Studi Agroteknologi, Fakultas Pertanian, UPN “Veteran” Yogyakarta tahun ajaran 2016/2017 melakukan serangkaian kegiatan Latihan Dasar Kepemimpian Organisasi yang diadakan oleh HMPS Agroteknologi UPN “Veteran” Yogyakarta. Acara bertemakan “Good Leaders Aren’t Born, They’re Made” dilaksanakan di Desa Wisata Pulesari, Dusun Pulesari, Desa Wonokerto, Kecamatan Turi, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta pada tanggal 4 Desember lalu.

Kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk pemahaman dasar-dasar organisasi dan kepemimpinan di kalangan mahasiswa yang perlu ditanamkan. Hal itu penting dilakukan mengingat mahasiswa merupakan generasi penerus yang akan menjadi tumpuan dan harapan bangsa di masa depan.

            Acara LDKO ini diawali dengan sambutan dari Ketua Panitia LDKO kemudian di sambung oleh Ketua Himpunan Program Studi Agroteknologi dan yang terakhir Ketua Program Studi Agroteknologi. Setelah itu peserta dan panitia berangkat menuju tempat yang akan dikunjungi, yaitu Desa Wisata Pulesari. Setelah peserta sampai di tempat, acara selanjutnya adalah kegiatan senam yang diikuti oleh seluruh panitia dan peserta.

Kemudian setelah itu dilanjutkan dengan acara selanjutnya yaitu penyampaian materi kepemimpinan yang di sampaikan oleh Iwan Prasetyo, S.P. Setelah penyampaian materi kepemimpinan dari alumnus kemudian dilanjutkan pengenalan tentang organisasi oleh pengurus inti HMPS Agroteknologi. Setelah pengenalan tentang organisasi kemudian dilanjutkan kegiatan sharing pengalaman organisasi oleh demissioner HMPS Agroteknologi.

Setelah sharing pengalaman organisasi selesai, acara LDKO pada hari Minggu dilanjutkan dengan diskusi mengenai penutupan pabrik rokok. Dalam diskusi peserta dibagi menjadi kelompok pro dan kontra kemudia mempresentasikan hasil diskusinya. Kemudian dilanjutkan dengan kegiatan pentas seni. Setelah kegiatan pentas seni dilanjutkan dengan ishoma.

Setelah ishoma, dilanjutkan dengan acara roadtrip yaitu berupa susur sungai (tracking) dan games yang dipersiapkan oleh panitia, kemudian peserta mulai jelajah alam. Pada penjelajahan alam ini telah dipersiapkan pos-pos dari tiap divisi HMPS Agroteknologi. Dari pos-pos inilah para peserta mendalami divisi-divisi yang ada di HMPS Agroteknologi.